DRPD Samarinda

Banpemperda DPRD Kota Samarinda Gelar Diskusi Bersama Mahasiswa Hukum UWGM

Kalimantantv.com-Wakil Ketua dan Pembentukan Peraturan Daerah (Banpemperda) Samarinda, Laila Fatihah turut serta dalam membuka forum diskusi  dengan mahasiswa jurusan hukum Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM ) Samarinda  terkait bagaimana proses pembentukan peraturan daerah (Perda).

“Kami menjelaskan proses yang dilakukan oleh DPRD terutama dalam merumuskan Perda, baik itu Perda  yang diperbaharui maupun Perda  inisiatif ,” ujar Laila

Laila menjelaskan substansi pembahasan dalam diskusi kali ini meliputi  proses pembentukan Perda  secara umum dan mekanisme penyusunan Perda  yang melalui lima tahapan, yaitu perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan atau pengesahan serta pengundangan.

Pada tahap penyusunan Perda  dilakukan dalam Program Legislasi Daerah (prolegda), memuat materi yang diatur, dan kaitannya dengan peraturan perundang-undangan lainnya.

Setelah Raperda disahkan melalui Paripurna maka akan disebarluaskan kepada masyarakat Samarinda.

“Rancangan materi paling tidak memuat latar belakang serta tujuan penyusunan, sasaran yang ingin diwujudkan, pokok pikiran, lingkup, atau objek yang akan diatur, dimana materi tersebut telah melalui pengkajian naskah akademik,” ujar Laila.

“Terpenting dalam pembentukan sebuah Perda adalah bagaimana implementasi Perda tersebut bermanfaat bagi masyarakat Samarinda,” tambah Laila.

Perwakilan mahasiswa hukum UWGM Samarinda,  Muhammad Riyan Adi Saputra mengungkapkan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang mekanisme pembentukan Perda yang diperoleh saat mengikuti forum diskusi ini.

“Paling penting sebenarnya bagaimana Perda tersebut dalam penerapannya dapat dilaksanakan oleh semua pihak sesuai  yang termaktub dalam regulasinya. Bila terjadi pelanggaran pemberian sanksi benar-benar dijalankan,” ujar Riyan. (ist/jw-kk)

Kalimantan TV

Kalimantantv.net Merupakan portal berita yang memberiakan informasi akurat dan terpercaya, Seputarnusantara.net tidak hanya menerbitkan portal berita online, kami juga menerbitkan buletin / tabloid mingguan yang kami rangkum dalam waktu 1 minggu terakhir.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button